Jumat, 29 Maret 2013

PENGANUGERAHAN INSAN PENDIDIKAN TERPUJI LPMP JAWA TENGAH 2013

Filled under:


Sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh penggiat pendidikan di Jawa Tengah, pada tahun 2013 ini, kembali, LPMP Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada Insan Pendidikan Terpuji. Mereka adalah insan pendidikan yang memiliki sifat, sikap, dan tindakan terpuji sehingga dapat menjadi inspirasi bagi dunia pendidikan. Kesungguhan mereka dalam bekerja, semangat berbagi pada sesama, kegigihan mereka dalam meniti karier, keteladanan yang mereka tunjukkan di masyarakat, dan dedikasi yang mereka lakukan untuk dunia pendidikan adalah sejumlah alasan bagi kami dalam memberikan penghargaan. Pada tahun 2013 ini, LPMP Jawa Tengah menyampaikan penghargaan Insan Pendidikan Terpuji kepada:
1. Dra. Dyah Budiarsih, M.Pd. (Pengawas TK/SD UPK Purwokerto Utara, kabupaten Banyumas)
Prestasi pengawas dari Banyumas ini begitu membanggakan. Sejumlah prestasi telah diraihnya, dari juara kelas saat sekolah dan kuliah hingga berpuncak pada juara 1 Pengawas Berprestasi tingkat nasional pada tahun 2012. Namun, prestasi yang lebih ia banggakan justru ketika mengantarkan siswa, guru, dan kepala sekolah dalam meraih keberhasilan dalam kejuaraan maupun kegiatan tertentu.
Kegigihannya dalam mereguk ilmu pengetahuan juga patut diacungi jempol. Setelah menamatkan SPG dan menjadi guru SD, ia melanjutkan kuliah dan meraih gelar BA. Tidak puas dengan gelar sarjana muda, ia lanjutkan kuliah akhirnya meraih gelar sarjana. Selanjutnya, pendidikan Magister diperolehnya juga di tahun 2006. Perjalanan kariernya cukup berliku, dimulai sebagai guru SD Inpres di tahun 1978, menjadi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tahun 2004 dilantik menjadi kepala cabang dinas pendidikan kecamatan Purwojati. Tahun 2006 ia kembali bertugas sebagai pengawas sekolah. Kini, Bu Dyah adalah Pengawas TK/SD berpangkat IVc di UPK Purwokerto Utara.
Hal lain yang membanggakan dari Bu Dyah adalah konsistensinya dalam melakukan penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan di sekolah. Tidak kurang dari 25 karya tulis ilmiah telah dibuatnya. Karyanya ikut mewarnai berbagai media massa, jurnal, dan forum-forum ilmiah di Jawa Tengah. Beberapa tulisannya dipajangnya di Blog pribadinya sehingga dapat diakses siapa saja yang memerlukan. Sebagai pengawas pemandu LPMP jateng, ia juga kerap mensosialisasikan penelitian tindakan kelas dan sekolah di berbagai kelompok kerja guru dan kepala sekolah.
Sisi lain yang menarik dari Insan Pendidikan Terpuji 2013 ini adalah kehidupan keluarga dan aktivitasnya di masyarakat. Ibu 1 anak dan Nenek 3 cucu ini adalah isteri dari Dr. Sumadi Sutrijat, MPd. Suaminya adalah seorang dosen di UMP dan UNSOED, anak semata wayangnya adalah seorang dokter di RSUD Banjarnegara. Keteladanannya di masyarakat dilakukan di kepengurusan PKK. Kini Bu Dyah, yang telah menunaikan ibadah haji pada tahun 2007, tengah menyelesaikan pembangunan mushola dan tempat mengaji di kompleks RT-nya.
Mengikuti perjalanan hidupnya, baik sebagai pribadi, keluarga, anggota masyarakat, dan khususnya sebagai pengawas sekolah maka dengan bangga LPMP Jawa Tengah memberikan penghargaan Insan Pendidikan Terpuji kepada Dra. Dyah Budiarsih, M.Pd. seorang Pengawas Berprestasi membanggakan dari Banyumas.
2. Drs. Sawali, M.Pd (Guru, penulis buku, sastrawan, dan blogger sejati dari Kabupaten Kendal)
Bila Anda sering berselancar di dunia maya, bisa jadi akan bertemu dengan Blog yang dikelola Pak Sawali. Ia adalah guru yang memiliki semangat berbagi yang tinggi, konsistensi dalam memanfaatkan internet sebagai sarana pembelajaran adalah pertimbangan utama kami dalam menggelarinya sebagai Insan pendidikan terpuji. Profesionalismenya sebagai guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Pegandon Kendal juga sangat membanggakan. Sebagai guru ia amat serius dalam mengantarkan siswa meraih prestasi dan tekun dalam mengembangkan bakat minat siswa khususnya dalam bidang menulis. Ia adalah contoh seorang guru yang benar-benar melakukan ajaran Bapak Pendidikan kita, yaitu “Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”.
Lelaki berperawakan kurus ini, lahir di Grobogan dan kini tinggal bersama 1 isteri dan 3 anak di Kendal. Blog Sawali Info yang dikelolanya pernah menjadi Blog terbaik dalam Kompetisi Blog Internasional, di Berlin Jerman Barat Tahun 2012. Universitas ternama di Jogyakarta dan Pusat Bahasa juga pernah menghargai blog-nya sebagai Blog terbaik di bidang Inovasi Pembelajaran dan kebahasaan. Berkat pengelolaan blog, ia pernah meraih Platinum Award dalam kompetisi blog yang diselenggarakan oleh Internet Sehat Blog Award tahun 2011. Ia juga merupakan juara 1 Guru Era Baru tahun 2011 dari Acer Group Indonesia. Sebagai penulis, Menteri Pendidikan Nasional pernah memberikan penghargaan sebagai penulis artikel Pendidikan Terbaik tahun 2004. Kiprahnya sebagai seniman telah menghasilkan kumpulan puisi, cerpen, dan novel. Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal pada tahun 2006 menghargainya sebagai Seniman Berprestasi.
Guru bahasa Indonesia dengan pangkat pembina tingkat I/IVb ini juga amat kreatif mengembangkan inovasi pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kepakarannya di bidang IT menjadikan ia diangkat sebagai Duta Acer dalam program Guraru (Guru Era Baru). Dinas Pendidikan Provinsi dan juga LPMP Jawa Tengah sering pula memanfaatkannya sebagai narasumber dalam pelatihan yang terkait dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran.
3. Basuki (Ketua Komunitas Sahabat Mata Semarang, penggiat kegiatan belajar masyarakat)
Penghargaan Insan Pendidikan Terpuji juga kami berikan kepada tokoh pendidikan nonformal dari Mijen, Semarang.
Kisah tokoh yang satu ini begitu luar biasa. Cita-citanya menjadi guru kandas karena ia sempat mengalami “Habis Terang Terjadilah Gelap”. Ia sempat menjadi mahasiswa IKIP Negeri Semarang, dan Universitas Dian Nuswantoro, tetapi berhenti di tengah jalan karena kendala pada matanya. Gangguan penglihatan yang berujung kebutaan di tahun 2002 sempat membuat ia merasa dunia bagai kiamat. Namun, ia tak terlalu lama merenungi nasibnya yang tiba-tiba gelap gulita. Justru dalam kebutaan ia menemukan jalan cahaya dan menjadi inspirasi serta memberi motivasi kepada kaum difable.
Dalam keterbatasannya, ia mendirikan Komunitas Sahabat Mata. Salah satu programnya adalah mendirikan Radio SAMA FM. Melalui radio yang jangkauanya dapat ditangkap diseputaran Mijen, ia bersama Komunitas Sahabat Mata menyapa warga sekitar khususnya kaum tuna netra. Menyiarkan berbagai informasi, kisah inspirasi, serta memompa motivasi kaum different ability. Pengembangan kepribadian, pendidikan kewirausahaan, teknik pijat, servis komputer, baca tulis Al-Quran huruf Braile, dan kursus komputer bicara adalah sejumlah kegiatan dan usaha yang ia lakukan di Rumah Sahabat, Mijen, Semarang.
Aksi sosial juga ia lakukan dengan melakukan pentas amal perjalanan cahaya dengan membagikan kaca mata gratis bagi siswa SD, SMP, dan SMA dari keluarga tidak mampu. Bersama komunitas Sahabat Mata, ia juga melakukan pendampingan terhadap tuna netra yang bersekolah di sekolah inklusif. Upaya membantu kaum tuna netra dilakukan dengan memberi pelatihan komputer bicara, penyediaan buku audio, dan alat bantu lainnya.
Suami dari Evi Suprihatin Handayani, guru Matematika di SMA 8 Semarang, dan Bapak dari tiga anak ini sekarang tinggal di Perum Jatisari Asabri, Mijen, Semarang. Menyimak perjalanan hidup dan sepak terjangnya yang penuh semangat untuk melakukan pendidikan pada kaum tuna netra itulah membuat LPMP Jawa Tengah dengan bangga menganugrahinya sebagai Insan Pendidikan Terpuji 2013.
Tiga Insan Pendidikan Terpuji LPMP Jawa Tengah tahun 2013 mendapatkan penghargaan berupa tropi, surat keterangan, laptop, dan uang pembinaan. Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bidang Pendidikan Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS; Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Dr. Abi Sujak, M.Sc; dan Kepala LPMP Jawa Tengah Dr. Makhali, MM. Penghargaan diserahkan bersamaan kegiatan upacara pembukaan Rapat Koordinasi Terpadu Konsolidasi Pemetaan Informasi Program Penjaminan Mutu Pendidikan dengan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 pada tanggal 12 Maret 2013 di Patra Jasa Convention Hotel Semarang.
sumber : http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/berita/797-penganugerahan-insan-pendidikan-terpuji-lpmp-jawa-tengah-tahun-2013

1 komentar:

  1. PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675 ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )

    BalasHapus

Polling Guru